Jumat, 29 Maret 2013

sebagian memori dengan guru tersayang, Drs.H.Nurfaisal, M.Pd ♥

oke cukup nyesek sebenernya ngetik postingan ini:')
tapi ya, mau ga mau taunya jadi juga..

kali ini khusus akan membahas tentang seseorang yang spesial sekali buat Legacy..
sosok spesial kali ini baru saja dipindah tugaskan dari SMAN8 PKU



mungkin kalau diingat lagi satu-satu, terlalu banyak kenangan kenangan bersama beliau.
baik itu kenangan yang menyenangkan, menyedihkan, mengecewakan dan banyak lagi macam kenangan yang udah keukir:')
saking banyaknya, admin sampai bingung mau mulai cerita dari mana...
seingat admin aja deh yaa...
dimulai dari awal sekali, pertama sekali beliau masuk ke kelas kita buat mengajar.
pada awalnya, kami bingung dan sempat kaget juga pas lihat jadwal kalau yang ngajar PKn itu kepala sekolah. awalnya yaaa banyak deh macam perasaannya. sampai pada hari itu, admin lupa hari Selasa apa Rabu, beliau masuk ke kelas. awalnya ya kaget iya juga, seneng iya juga, secara gitu, yang ngajar kepsek. pas hari pertama masuk banyak deh pokoknya kejadian kejadian yang tetap jadi kenangan, beliau sibuk menanyakan berapa umur kami sembari mengabsen. pokoknya udah mulai deh keliatan serunya belajar bersama beliau! nah, hari itu ada cerita lucu yang masih kebawa-bawa sampai sekarang. jadi, pas absen itu sampailah ke salah satu nama di buku absen, nah kebetulan nama yang tertulis disitu ialah Athaya Hanin NF (nama panjangnya Bibil) sontak beliau langsung bertanya "NF? NF tu apa? Nurfaisal?" :') aduh bapak... pecahlah gelak tawa kami dikelas pada saat itu, pokoknya heboh. nah, jadilah sejak saat itu Bibil disebut sebut 'anak pak Ical'. Pesan di hari pertama yaitu "Ndak ada yang namanya Sarapan tu, Makan Pagi, Tengok saya Makan Pagi 2 Piring, makan pagi tu sehat."
Itu baru cerita hari pertama. nah, pertemuan pertemuan selanjutnya semakin mengeratkan kami dengan beliau. beliau sering sekali memberikan kami ulangan mendadak, iyasih soalnya paling ya umum umum gitu, mengenai pembukaan UUD 1945 misalnya, trus hak hak DPR, pendapat kami tentang korupsi. pokoknya bermacam macam deh soal nya, unik.
trus juga kami sering ngecewain beliau karena nilai-nilai UH PKn kami sering banget jelek jelek:| maaf ya pak, kami ga maksud ngecewain bapak...
seiring berjalannya waktu *ceilah* sampailah pada suatu rencana study tour legacy yang diadakan tahun lalu. jadi pada awalnya beliau menawarkan kami untuk dibawa ke Malaysia dan Singapore. dan tahun lalu itu beliau baru saja pulang dari Inggris:| ngerilaah, foto di old trafford, cieee. nah rapat-rapat orangtua pada akhirnya sepakat untuk mengadakan study tour ke Jawa saja dengan alasan kebanyakan dari legacies juga pengennya lanjut kuliah ke Jawa, jadi ya apa salahnya kan sekalian, hitung-hitung ucap salam dulu sama calon kampus, hahaha.
nah pada awalnya rencana study tour itu juga terancam gagal dikarenakan nggak ketemunya travel yang pas:| pokoknya udah pada sibuk deh, sampai-sampai Pia bela-belain nyari travel dan setelah didapat ternyata ga jadi juga:| ujung-ujungnya kami menggunakan jasa travel mamanya Raihan! hehehe jadilah kami ke Jawa dengan tujuan Yogyakarta,Bandung,Jakarta:D
Nah, kabar kabar sebelum berangkat, guru yang bakal ikut ngedampingi legacy itu ada 4 orang, disamping Bu Ida dan Pak Tavip, dengar dengarnya satu diantara 2 yang lain itu adalah Pak Ical. dan ternyata setelah berharap-harap cemas bakal pergi juga jalan-jalan sama Pak Ical, ternyata kami terkena PHP oleh pak bos:') Pak Ical gagal ikut study tour bersama kami dengan alasan ada urusan yang harus diselesaikan. Btw sebenernya sebelum itu Pak Ical pernah ngejanjiin (ga tau ya apa emang bapak yang janji apa kaminya yang janji janjiin bapak) beliin kami McD. nah berhubung McD udah ga buka lagi di PKU, harapan kami ya ketika study tour itulah akan ditraktir McD oleh beliau, dan ternyata......mission failed (lagi). yasudah, pada awalnya kami sudah rela pak Ical ga jadi ikutan study tour. sampai pada tanggal 13 Maret begitu kami sampai di Bandung, Mami Ida mungkin memberitahu Pak Ical kalau kami baru aja sampai, dan setelah sms Mami dibalas Pak Ical, mami memunculkan ide kami untuk me-sms Pak Ical pagi itu. Jadilah Mami membagi kan nomer hp Pak Ical ke beberapa orang, setelah memuat sms yang isinya sama, akhirnya kami mengirimkan sms ke pak Ical. Nah kan nge smsnya jam setengah 10-an tuh, pas lagi makan siang datanglah kehebohan, Pak Ical balas sms kami! tapi dari segitu banyak yang nge sms yang dibalas cuma satu, yaitu ke Bibil (lagi). Hebohlah kami, awalnya ga percaya pokoknya sesuatuuuu. hahahaha. nah sms itu berlanjut lagi sampai hari sabtunya, hari pertama kami masuk sekolah setelah study tour..

                                                                     Ini isi sms nya







Pokoknya Pak Ical itu sosok yang luar biasa sih, salah satu pemimpin yang bisa jadi panutan. Kepala Sekolah yang rela ngebersihin WC, ikut gotong royong sama guru-guru cowok yang lain dan bukan kepala sekolah yang cuma mau duduk anteng di kantornya, kepala sekolah yang mau berbaur bersama murid-muridnya yang tiap pagi berusaha menyempatkan diri keliling sekolah untuk melihat kondisi sekolah.
Oh iya, jadi dulu itu pernah deh legacy ngumpulin foto guru-guru. Nah, pas foto beliau, kami dapatkan lah foto 'langka'..

ini nih 3 foto nya



Nah setelah itu kami semakin dekat lah dengan beliau, sampai pada tanggal 18 Juni 2012 lalu, beliau tepat berumur setengah abad. ada satu kalimat yang sangat sering beliau katakan yaitu ... "10 tahun lagi" :)) hahaha pak..pak...
kami akhirnya merencanakan sebuah surprise untuk beliau dan Alhamdulillah berhasil:D kami kasih beliau sebuah hadiah

ini nih foto dari hadiah yang kami kasih ke beliau...



trus akhirnya hari senin itu kami mendatangi beliau ke ruangan kepsek di gedung baru. setelah ngucapin selamat ulangtahun (admin lupa, waktu itu nyanyi juga ga ya) kami memberikan beliau kado itu dan setelah itu mulailah kami berbalas pantun dengan beliau.. tepatnya sih saat itu yang berbalas pantun Jasmine dan Mifta. pokoknya lantai 2 gedung baru tu udah kaya punya kami aja, hahaha:D heboh. trus kami minta foto sama beliau pakai gaya alay ala cherrybelle.

cibi cibi cibi, hak hak hak!

daaan waktupun terus bergulir. beliau juga lumayan sering curhat colongan di kelas secara ga langsung. beliau sering bilang "saya ini sebenarnya sama dengan guru yang lain, yang bedain saya sama guru lain cuma satu, yaitu nanti pas tandatangan ijazah, cuma saya yang bisa tandatangan", trus juga beliau pernah tu ngomel ngomel masalah penandatanganan ijazah, skhun, sttb, dan lain sebagainya yang jumlahnya banyaaaak banget. dan beliau harus menandatangani itu semua. belum lagi yang pake acara fotokopian + legalisir:)) terus beliau juga sering curhat kalo udah masalah pendidikan yang dijadiin "kelinci percobaan" sama pemerintah, beliau selalu berpesan "saya ni apalah, guru cuma, kekuasaan saya cuma sebatas ini *nunjukkin spidol* saya selalu mendoakan semoga ditangan kalianlah nanti pendidikan Indonesia benar-benar maju, mau udah dalam kubur pun saya, saya akan terus doain kalian."
lanjut terus....sampai pada acara peringatan HUT SMANDEL tahun 2013. beliau dengan baju kaos oranye nya kelihatan ngejreng dan....tampak sesuatu.

ini nih foto penampakan cewek cewek legacies dan beliau pagi hari sebelum jalan santai..
cie ajadeh buat yang paling ganteng difoto.



pokoknya selama berlangsung acara, banyak momen momen aneh plus lucu dari beliau yang tertangkap kamera..

ini nih beberapa fotonya, mulai dari muka jelek khas beliau, daaan lain sebagainya..








pokoknya hari itu sesuatu deh. kami dengan santainya setelah panas panasan duduk lesehan ditengah lapangan, jalan deh ke arah tenda dan.......duduk dikursi di bawah tenda. ga tanggung tanggung, ada yang duduk di sofa disebelah beliau juga, modusnya sih karna ga kebagian kursi yang biasa, wkwkwk:p hari itu pokoknya kami ngotot minta traktir, namun beliau bilang... "nanti, kalau sudah selesai UN"

dan sampai-sampai beliau menjanjikan traktir makan ke kami, tertulis di papan tulis
seperti ini...




Pernah waktu itu beliau marah karena tulisan anak cowok ada yang menurut beliau kurang bagus, sampai beliau bilang "kalau mau buat bagus-bagus, ya bagus tulisan tu" :)) dan beliau bilang kalau dulu itu beliau pernah nulisin nama-nama yang di sttb, jadilah kami meminta beliau yang menuliskan nama kami ber 20 untuk di sttb. Pernah juga pas selesai ujian semester 5 yang lalu di hari nonefektif kita setiap pagi dikumpulin buat di absen, nah pada suatu hari pak ical ngasih pidatolah kan dan beliau bilang "Datangin guruguru tu, kalo ada yang nilainya masih remedial cepat diremed, kalau dikasih tugas sama guru cepat kumpulkan jangan lalai. Ini anak Aksel pun lalai, memang mereka tu pintar-pintar cerdas luar biasa, tapi tetap aja lalai, sampai sekarang saya ngasih tugas belum juga dikumpulin." ngedengar itu kita cuma bisa nunduk dan sebenarnya kecewa beliau ngomong gitu didepan umum dan bukannya kita menundanunda ngerjain tugas beliau, tapi emang kita lagi banyak tugas dan ya kita udah berusaha untuk ngumpul tugas secepatnya. Selesai ngumpul dilapangan kita ke kelas dan ngerjain tugas pak Ical dan beberapa anak cowok ada yang ngerjain tugasnya sambil nyanyi dengan nada lagu  Berita Kepada Kawan nya Ebiet G.Ade awalnya kayak gini "Tugas PKn ini, terasa sangat menyedihkan." terus pas yang bagian akhirnya gini "Mungkin pak ical mulai bosan, melihat tulisan kita,yang selalu jelek dan tidak pernah rapi." dan tentu aja disambut dengan gelak tawa orang sekelas.

time flies so fast. ga sadar nya udah dapat kabar kalau kepsek bakal diganti! shock hebat. belum lagi kabar itu munculnya deket banget dengan penyelenggaraan UP, UAS, dan UN. banyak yang patah hati denger kabar itu. ntar ijazah udah ga tanda tangan pak Ical lagi, kartu ujian juga. awalnya sih kami adem ayem aja anggap angin lalu, eh sampai lah terdengar kabar pasti bahwa beliau memang akan dimutasi. sedih luar biasa. berasa kaya bakal kehilangan separuh jiwa gitu *oke ini lebay*. jadilah tanggal 15 Maret 2013 lalu, setelah pelantikan hari Kamisnya, beliau memberikan pidato terakhir beliau sebagai kepala SMAN8 di lapangan. Nah, disini sempat terjadi suatu kesalahpahaman. Atau mungkin tepatnya salah pengertian. Jadi, beliau sengaja gitu bilang "untuk siswa yang saya ajar, anak aksel, nanti guru PKn nya diganti sama guru PKn lain yang ngajar disekolah kita ini." sontak langsung ada yang nyorak "ga mauuu" nah, ini nih akarnya timbul salah arti. Mungkin karena kejadian itu ada guru PKn yang tersinggung, kami minta maaf kalau seandainya kata-kata itu menyinggung ibu atau bapak. sejujurnya kami ga ada maksud sama sekali:( ya pada saat itu kami hanyalah siswa yang menunjukkan kekecewaan bakal kehilangan sosok guru idola. Hari itu sedih sebenernya, ngelihat Bu Fitri lewat didepan ruang BK sambil bawain barang-barang satu tas penuh, dan Bu Fit bilang "iya, itu pak Nurfaisal lagi kemas-kemas. barang yang ga bisa dibawa dikasihnya ni ke ibu." :') lagi kemas-kemas?:') sedih... awalnya mau datengin ke ruang kepsek tapi ya....galau juga. akhirnya ga jadi.
Besoknya hari sabtu, ada yang nanya lks PKn jadi moduslah Yaya, Uli, Pia untuk ke ruang pak Ical minta lks PKn. Nah mereka sempat ngobrol-ngobrol sebentar dan salah satu obrolannya adalah "Bapak tega pak ninggalin kami? Kemaren bapak janji pas kami lulus baru pindah." "Macam mana pulak, udah pemerintah yang buat kayak gini, kita kan cuma ngikutin perintah." "Bapak ga sedih ninggalin kami?" "Gak, saya benci kalian" .... hhhh.. ngedenger pak Ical ngomong gitu bikin kita makin yakin Pak Ical sebenarnya berat banget ninggalin kita. Nah disitu aja Yaya, Uli, Pia udah meneteskan air mata yang hanya dibalas dengan sebuah senyuman dari Pak Ical. legacy memutuskan untuk memberikan Pak Ical kenang-kenangan. Dan ya lagi-lagi foto:) hehehe, ngga cuma foto kali ini. kami bela-belain buat video untuk beliau hari itu juga, sebelum ngelihat ruang ujian untuk UAS. terus, berhubung fotonya belum dibingkai, jadilah Yaya dan Pia pergi mencari tempat ngebingkai terdekat. setelah selesai bingkai, eh masalah malah di video nya, ga mau ke burn ke CD. ga tau juga kenapa masalahnya.. Dan ternyata hari itu serah terima jabatan (Sertijab) secara dinas di Disdik kota. sepulangnya beliau dari Disdik, beliau minta kami dikumpulkan di ruang kepala sekolah, pada saat itu masih ruangan beliau:') akhirnya kami dikumpulkan di ruang rapat, trus berhubung sebenernya lagi ada acara di ruang Majelis Guru, jadilah beliau secara singkat menyampaikan kesan beliau, dan pesan beliau ke kami semua didepan Mami Ida dan Bu Murni:') ada yang nangis pada saat itu. sedih nya gatau kenapa, pokoknya nyesekin banget deh:') akhirnya kami bujuk beliau untuk menonton video, beliau belain turun ke bawah ambil laptop, trus nge copy file video itu ke laptop beliau. setelah itu kami tonton videonya sama-sama. klik disini untuk liat videonya:) pada saat itu, beliau cuma mantengin screen didepan dan sesekali admin sempat ngeliat mata beliau mulai berkaca-kaca, begitu beliau ngeliat ke admin, eh malah ga sadar admin yang nangis, beliau nya malah senyumin. ya walaupun senyum, terlihat jelas raut sedih dan terpukulnya. we know you so damn well, sir. beliau jelasin deh pokoknya kalau hari Senin, 18 Maret itu sertijab secara teknis di SMAN8. nah pokoknya hari itu haru. kami ngotot mau foto dengan beliau. sampai lagi-lagi main kejar-kejaran sama beliau ditangga:') semuanya berebut pengen foto disamping beliau. setelah selesai itu, beliau langsung kabur gitu aja balik lagi ke majelis guru buat lanjut ngikutin rapat..

Ini foto kenang-kenangan buat Pak Ical... :')



ini nih foto yang hari sabtu..




Nah, seninnya udah galau galau nih, ga liat mobil CRV abu-abu 1188 NA di lapangan depan. kangen gitu ceritanya:') trus, tiba tiba setelah ujian B.Indonesia dan Agama, ada yang dapat amanat buat ngambil LKS PKn ke ruang mami. semangat banget nih, arok-arok ketemu pak Ical dan ternyataa...yaaa kalau jodoh emang ga kemana, hahaha, baru aja masuk ke ruang mami, tiba-tiba ada yang buka pintu ruang BK dan menampakkan dirinya. siapa lagi kalau bukan pak Ical:"D kami langsung ribut trus pak Ical dengan gaya khas nya pura pura ngejauh gitu, arok-arok dimintain salam sama kami ceritanya:p trus pas keluar, salam sama bapak eh ibu kepsek baru keluar deh, trus pak Ical nyuruh kami salamin ibu kepsek baru, setelah itu bapak terlihat sibuk dengan pak Tavip dan bu Hasnidar (kepsek baru). Setelah turun ke bawah, barulah sadar, kenapa ga minta kisi-kisi PKn? akhirnya bermodus minta kisi-kisi, padahal cuma mau curi curi kesempatan buat ketemu pak bos, baliklah segerombolan yang tadi ke atas, awalnya liat ke ruang kepsek, ragu mau masuk, trus ke ruang pak Tavip dan... kami menemukan pak Ical disana. pokoknya masih sempat bercanda deh pas itu. setelah ruangan pak Tavip mulai penuh, datanglah wartawan. singkat cerita, kami semua ga peduli ribut-ribut di ruang pak Tavip, mau ada wartawan kek. trus yaaa yang admin inget itu pak Ical nyanyi lagu pandangan pertama ke Pia apa ga ngelonjak lonjak hati Pia tu hahaha:p terus bapak nyayi lagu pandangan pertama ke Bibil tapi diganti liriknya jadi 'Pandangan kedua'. trus Bibil bilang dia patah hati, langsung lah pak Ical nyanyiin lagu (gatau juga judulnya apa, kayanya lagu lawas gitu) tentang patah hati. seru seruan deh pokoknya, pak Tavip juga ngeliatinnya sambil ketawa-ketawa=')) trus wartawannya wawancarain pak Ical, setelah itu minta beberapa perwakilan dari kami buat wawancara, ditunjuk lah sama pak Ical, Pia, Yaya dan Bibil untuk diwawancara. Trus nih ya, berhubung Yaya nya ga mau, akhirnya cah cah wawancara pula lah Pak Ical sama Yaya. trus tiba-tiba Pak Ical bilang "eh, fotolah kita berdua yok?" trus Yaya nya ya langsung bilang "ayok paak!" disusul dengan suara ribut yang lain bilang "saya juga pak". Nah setelah Yaya , Uli pun akhirnya berfoto dengan Pak Ical di ruangan pak Tavip, disusul dengan Pia. Cieee ajadeh buat yang foto berdua sama Daddy! Setelah itu pokoknya ngikutin Pak Ical ke bawah mintain kisi-kisi. ada yang balik ke kelas, ada yang masih bertahan seperti Pia, Atul, Bibil dan Nana. nah pas itu ada yang iseng gitu ganti display picture nya foto berdua sama Daddy, trus ada yang cemburu gitu, dan Pak Ical langsung pasang gaya minta difoto! hahaha kesempatan kedua buat foto bareng Daddy:p nah, selepas dari kejadian-kejadian senin itu, pokoknya makin sering galau-galauin pak Ical.. makin rindu sama Pak Ical :') Dan ga cuma kita aja yang berat melepas beliau dari SMAN 8 Pekanbaru, tapi guru guru juga. Pada ganti DP dan buat PM dibbm untuk Pak Ical.




Kalo ini sebagian kegalauan di twitter..



singkat cerita mungkin itu sebagian kecil dari banyak kenangan dengan beliau. sukses di tempat yang baru ya, Pak! Good Luck, Sir! We Love you!

WE MISS YOU, DADDY!
with love, Legacy..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harry Potter - Delivery Owl