Rabu, 09 November 2011

Penemuan ELEVATOR (LIFT) Tahun 1851

Nah, kita kan sering tuh gunain lift di hotel atau di RS, apalagi di Mall. Kalian pasti ada yg belum tau asal usul penemuannya kan (kalo yg tau boleh gak dibaca, dibaca juga boleh)? Tapi, lift yg pertama kali ditemukan dg yang sekarang pastinya telah beda. Kalo gitu, aku akan menjelaskannya di blog ini....
Gagasan dibelakang alat ini yg dikenal di Amerika sebagai elevator, di Inggris sebagai lift, dan di Prancis sebagai ascenseur, berasal dari Roma di abad pertama sebelum Masehi. Vitruvirus Pollio (abad pertama sebelum Masehi) menggambarkan sebuah sistem penyeimbang berat dan alat penggerak untuk memindahkan orang naik turun pada gedung berlantai banyak. Louis XV (1710-1774) memiliki sistem "kursi terbang" yang dipasang di Versailles, dan mekanisme serupa lainnya telah digambarkan di tempat lain. Namun, adalah penemu Amerika Elisha Graves Otis (1811-1861) yang mematenkan elevator praktis --dan aman-- pertama pada tahun 1851 (foto Otis pada gambar di kanan bawah). Elevator Otis menggunakan sistem cakar untuk mencegah kabin penumpang terjatuh jika kabel yang mengangkat dan menurunkannya terputus.
Elevator "Aman" Otis didemonstrasikan pada Expo Crystal Palace
di Kota New York pada tahun 1854 (ilustrasi pada gambar di kanan atas). Enam tahun kemudian, Otis memperbaiki rancangannya sendiri dengan memperkenalkan sebuah mesin uap independen bolak-balik yang dihubungkan dengan mekanisme pengangkatan pada mesin elevatornya. Dalam kurun waktu beberapa tahun, penemuan Otis membawa perubahan besar pada arsitektur karena alat itu memungkinkan dibangunnya gedung-gedung apartemen yang lebih tinggi dari 3 atau 4 lantai. Pada tahun 1871, elevator hidrolis diperkenalkan, dan pada tahun 1889, elevator listrik komersial pertama dipasang, dan pasti dari masa ke masa oasti semakin canggih seperti sekarang ini.

Nah, bagaimana tanggapannya? Bagus atau enggak? Kritik, saran dan komentarnya ditunggu ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harry Potter - Delivery Owl